Manusia dan kebudayaan

Manusia dan kebudayaan

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat kaitannya satu sama lain. Dalam hal ini saya akan membahas tentang pengertian-pengertian dasar dari manusia dan kebudayaan. Sehingga dapat memberikan dasar untuk mempelajari materi IBD (Ilmu Sosial Dasar).

A.    Manusia

Di alam ini manusia memegang peranan yang unik dan dapat dipandang dari banyak segi. Salah satunya dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan disebut homo economicus (ilmu ekonomi), manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), makhluk yang selalu ingin memperoleh kekuasaan (politik), makhluk yang berbudaya disebut homo humanus (filsafat). Dari definisi tersebut dapat dilihat bahwa manusia selain dapat dipandang dari banyak segi juga mempunyai banyak kepentingan.

B.     Kebudayaan

Secara umum kebudayaan dapat diartikan sebagai himpunan pengalaman yang dipelajari, mengacu pada pola-pola perilaku yang ditularkan secara sosial yang merupakan kekhususan kelompok sosial tertentu. Dengan demikian mencakup segala aspek kehidupan manusia, baik yang sifatnya material, seperti peralatan kerja dan teknologi, maupun yang non-material, seperti nilai kehidupan dan seni-seni tertentu.

C.     Kaitan Manusia dengan Kebudayaan

Dalam hubungannya dengan lingkungan, manusia merupakan suatu oganisme hidup (living organism). Terbentuknya pribadi seseorang dapat dikatakan dipengaruhi oleh lingkungan bahkan secara ekstrim, setiap orang berasal dari satu lingkungan, baik lingkungan vertikal (genetika, tradisi), horizontal (geografik, fisik, sosial), maupun kesejarahan. Sebagai contoh seorang bayi lahir, ia merasakan perbedaan suhu dan kehilangan energi, oleh karena itu ia menangis, agar perbedaan itu berkurang dan kehilangan itu tergantikan. Dari sana timbul anggapan dasar bahwa setiap manusia dianugerahi kepekaan (sense) untuk membedakan (sense of discrimination) dan keinginan untuk hidup. Untuk dapat hidup, ia membutuhkan sesuatu. Alat untuk memenuhi kebutuhan itu bersumber dari lingkungan.
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.
Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:
1.      penganut kebudayaan.
2.      pembawa kebudayaan.
3.      manipulator kebudayaan.
4.      pencipta kebudayaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s