TUGAS ARTIKEL ILMU BUDAYA DASAR

Kesalah pahaman yang terjadi antara aku, ibu, dan temanku
Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita temui hal-hal yang menyangkut tentang masalah konflik dan perselisihan. Terutama didalam keluarga. Pendapat atau argumentasi seorang anak dan orang tua biasanya memiliki kecenderungan perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam pola pikirnya. Dibawah ini terdapat contoh kasus tentang perselisihan antara Ibu dan anak serta teman dekat si anak.
Seorang anak yang bernama Rani (16 th) yang duduk di bangku kelas 1 SMA sudah berteman baik dengan Sabrina (16 th). Persahabatan mereka sangat kuat bahkan setiap malam mereka berdua selalu belajar di rumah Sabrina, namun Rani membuat sebuah kesalahan karena setiap kali dia keluar dengan Sabrina dia tidak pernah izin dengan Ibu nya. Kemudian Ibu nya dirumah pun berpikir macam macam tentang Rani bahkan sampai berpikir jika anak nya sudah ada di pergaulan yang buruk.
Suatu hari ibu nya mengajak Rani untuk berbicara dua mata dan menyuruh Rani untuk menjauhi Sabrina namun Rani pun menolak keras perintah ibu nya itu dan menjelaskan apa yang sebenar nya terjadi bahwa ia keluar malam untuk belajar bukan untuk kegiatan yang negatif namun ibunya tetap saja tidak percaya pada nya dan tetap pada pendirian untuk menyuruh Rani menjauhi Sabrina.
Keesokan hari nya Rani menceritakan apa yang di katakan ibu nya kepada Sabrina dan saat di ceritakan Sabrina tidak menerima apa yang di katakan oleh ibu nya Rani dan dia marah kepada Rani, dari kejadian itu Rani pun menjadi sangat kesal kepada ibu nya dan ia pun tidak berbicara sama sekali dengan ibu nya sampai beberapa tahun dan dari ibu nya pun hanya ngotot dengan asumsi nya sendiri dan mendiamkan balik Rani.
Kasus :
Cari sebuah artikel dengan kasus hubungan antara anak & ibu yg menjelaskan bahwa anak tersebut sedang berselisih dengan ibunya selama bertahun-tahun karena ibu tersebut yang menyebabkan hubungan anaknya hancur dengan teman dekatnya.
Pertanyaan :
1. Komentari tulisan tsb menurut anda.
2. Berikan solusi utk kasus tsb.
Jawab :
1. Komentar
     Komentar saya pada artikel di atas awalnya seorang ibu sangat wajar bila khawatir pada anak nya terhadap pergaulan lingkungannya akan tetapi kekhawatir itu tidak perlu harus berlebihan bahkan sampai rani tidak di izinkan untuk berteman bahkan dengan teman dekat nya sendiri sang ibu pun harus mengetahui setiap prilaku sang anak. Dan sebagai anaknya pun seharusnya dia dapat meyakinkan kepada ibu nya bahwa pergaulan lingkungannya itu tidak salah atau negatif.
2.     Solusi nya :
  •   Sering komunikasi/sharing sangat dibutuhkan untuk dapat saling memahami satu sama lain.
  •     Diselsaikan dengan kepala dingin agar tidak terjadi perselisihan
  •     Membuktikan kepada ibu nya bahwa pergaulan yang dipilih oleh anak nya tidak salah.
  •    Memperkenal kan kepada ibunya tentang sahabatnya itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s