Jejaring sosial

Jejaring sosial

jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Pada dasarnya Social networking atau jejaring sosial itu sendiri secara harfiah,memiliki pengertian sebagai “suatu struktur sosial yang terbentuk/dibentuk oleh individu atau organisasi,yang dimana terikat oleh satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi, ide ,teman,keturunan dan hal – hal lain”(Wikipedia.org).Oleh sebab itu atas dasar tersebut serta seiring kemajuan teknologi maka manusia menciptakan “social networking” secara virtual yang dihubungkan oleh Internet Connection.Social Networking atau jejaring sosial ini dapat diakses apabila tersedianya koneksi internet.
Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja.
Disebut jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas lainnya. Misalnya, kalau kita gunakan tools status di Plurk.com, maka status kita dapat didistribusikan ke facebook, tumblr, twitter, multiply. Bahkan ada yang seolah-olah menjadi konsolidator semua domain komunitas sehingga fungsinya lebih praktis

 

Apa manfaat dan dampak postif serta negatif dari jejaring sosial, Dr.Poetoe?

Sperti kelebihan dan kekurangan, setiap jejaring sosialpun pasti mempunyai dampak positif dan negatifnya terhadap penggunanya. Berikut dampak positif dan dampak negatif dari jejaring sosial menurut Dr.Poetoe sebagai pengguna :

Dampak Positif :

  • Ketrampilan menggunakan teknologi informasi yaitu internet dan komputer lebih terasah
  • Memperluas jaringan pertemanan
  • Dapat mengasah rasa empati dan simpati terhadap hal – hal di dunia maya seperti memberi ucapan ulang tahun di jejaring sosial, membantu korban bencana dari info – info yang ada di jejaring sosial
  • Mendapat ilmu dan pengetahuan baru

 

Dampak Negatif :

  • Lupa waktu sehingga pola hidup tidak teratur
  • Kurangnya waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas
  • Terjadi penyalahgunaan jejaring sosial seperti perselingkuhan, penyebaran foto dan video porno
  • Kurangnya interaksi pengguna terhadap dunia nyata
  • Menjadi orang yang tertutup

Kesimpulannya adalah setiap jejaring sosial mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing serta mempunyai dampak negatif dan positif terhadap penggunanya. Diri kita sendiri yang bisa memilah – milah mana yang positif dan negatifnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s